ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

Paprika

Paprika | Papurika (2006)
sut: Satoshi Kon
pen: Yasutaka Tsuitsui (novel) | Seishi Minakami | Satoshi Kon
Jepang

Film yang sangat orisinal dan menarik. Dalam hal ide dasar yang menjadi pondasi naratif film ini, saya masih bingung untuk menentukan, apakah ide tersebut rumit atau malah sederhana. Silahkan anda tentukan sendiri setelah menontonnya.

Ide dasar itu sendiri meski menurut saya orisinal, tetapi juga tidak terlalu jauh dari wilayah yang telah sebelumnya disentuh oleh film-film mengenai “mimpi” (dalam tanda kutip) seperti The Matrix (1999), Dark City (1998), serta yang muncul kemudian seperti Inception (2010).

Namun satu hal jelas bagi saya, film ini memiliki karakter-karakter yang lumayan kompleks yang hidup di kisah yang sudah lumayan kompleks. Oke, para master di bidang skenario kemungkinan besar tidak akan setuju dengan kalimat di atas, dengan mengatakan bahwa; para karakternya sama sekali tidak kompleks karena penulis skenarionya terlalu “memaksa” baik dalam motivasi maupun backstory dari masing-masing karakter. Sehingga menyebabkan character arc(s) di dalam film ini terasa “jumpy” dan corny. Dan paling jelas di motivasi sang karakter antagonis dan tangan kanannya.

Baiklah, saya bisa mengerti bila mereka mengatakan itu, tetapi untuk saat ini, segala depth yang diberikan pada para karakter di film ini sudah cukup bagi saya untuk menikmati film ini dari awal hingga akhir, dan hal ini lalu sudah cukup bagi saya untuk dapat merekomendasikan film ini, sebagai salah satu contoh anime “super” baik dalam hal storytelling dan filmmaking.

8/10

Paprika: Rekomendasi dengan pujian yang tinggi. (17+)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: