ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

Zodiac

Zodiac (2007)
sut: David Fincher
pen: James Vanderbilt
A.S.

Di film ini David Fincher mempresentasikan kasus zodiac dengan sangat matter of fact-ly. Kisahnya diberikan dengan “dingin” tetapi bukannya tidak memiliki “emosi” sama sekali. Kita dibawa masuk ke dalam kehidupan karakter-karakter yang “terobsesi” pada zodiac, dan bagaimana zodiac menjadi bagian dari hidup mereka, serta memberi “jawaban” mengapa zodiac tidak tertangkap.

Bentuk zodiac sangat prosedural dan linear, dan menurut saya merupakan pendekatan terbaik untuk menunjukkan kisah yang terkenal ini. Ada film yang lain yang juga mengangkat kasus zodiac yang rilis saat film ini masih dalam tahap development, dan dengan menonton film tersebut anda dapat membandingkan sendiri bagaimana “hasil” dua pendekatan berbeda pada kasus zodiac.

Di film ini anda dapat menemukan ciri khas/tanda tangan Fincher seperti framing dan komposisi yang super presisi, mise en scène dan découpage jenius, atmosfir yang ‘suram’, obsesi terpendam, ‘rasa’ pandangan nihilistik.

David Fincher adalah seorang sutradara jenius, dan (meski banyak yang tidak setuju karena ia tidak menulis filmnya sendiri) saya melihatnya sebagai seorang auteur. Karya-karyanya sangat distinct, dan selain debutnya, Alien3 (1992) (yang mendapat terlalu banyak campur tangan executives) tidak pernah membuat satupun film yang “buruk” dan “mirip” satu sama lain, sama halnya dengan Kubrick (bagi fans Kubrick yang tersinggung, ini hanya opini pribadi saya). Jadi bila anda baru mendengar namanya dari film The Social Network (2010), saya sangat menyarankan menonton film-filmnya yang lain.

9.5/10

Zodiac: rekomendasi dengan pujian yang tinggi (13+)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: