ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

9808

9808 Antologi 10 Tahun Reformasi Indonesia (2008)
sut: ##########
pen: ##########
Indonesia

Film ini bukan seperti film yang saya bayangkan akan saya tonton. Saya pikir film ini akan lebih menganalisa perubahan-perubahan yang terjadi selama 10 tahun setelah kejadian 1998 lewat cerita fiksi. Apa perbedaan yang fundamental di tahun 1998 dengan 2008 dalam konteks kejadian itu. Bagaimana kita melihat kejadian 1998 dengan kacamata 10 tahun lebih tua. Apa pengaruh kejadian itu untuk hari ini dan masa depan. Dan sebagainya.

Film ini memang masih menyentuh wilayah-wilayah tersebut, tapi tidak dalam volume atau cara yang saya pikir akan saya dapatkan. Kebanyakan film ini hanya membagi cerita beberapa individu tertentu yang kita (saya) tidak kenal, tidak signifikan dalam ‘gambar besar’-nya, dan tidak memberikan insight yang berarti terhadap peristiwa 1998, terutama bagi yang kurang tahu soal kejadiannya. Misalnya filmnya Ifa Isfansyah. Filmnya merupakan film pendek yang baik, tetapi dalam konteks 9808 = WTF?!

Di dalam omnibus ini banyak film-film yang asyik yang buat cinephiles akan menyenangkan. Dan soal konteks, masih bisa dibilang nyambung ke kejadian 1998 lah. Soal harapan saya mengenai kontennya, mungkin saya harus cari tahu dulu ya, biar pas nonton tidak terheran-heran dan tertipu oleh diri sendiri.

7/10

9808: … (BO)

Tinggalkan Balasan

