ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

Four Lions

Four Lions (2010)
sut: Christopher Morris
pen: ####
Inggris

Asli orisinal dan luar biasa. Menceritakan 5 muslim Inggris yang merencanakan bom-bunuh-diri. Tetapi mereka bukanlah tipe orang yang bisa anda sebut kompeten, atau cerdas. Komedinya sebagian besar memang datang dari hal ini, tetapi mereka bukan sekedar karakter-karakter ‘bodoh’ klise semata. Masing-masing dari mereka sangat unik dan menarik, berkat paduan istimewa dari skenario, pengarahan, dan akting.

Sumpah, sepanjang film ini dapat membuat tertawa keras terbahak-bahak. Saya menonton film ini lumayan larut malam, dan harus terus-terusan mengingatkan diri untuk tidak tertawa terlalu keras. Tetapi saat komedi berikutnya muncul lagi, jadi lupa lagi. Menurut saya komedinya jenius. Komedinya datang beruntun seperti senapan mesin. Punchline demi punchline datang saling susul. One-liners-nya juga sangat cerdas dan banyak dan sering datang tiba-tiba. Dan film ini cukup punya sesuatu yang ingin disampaikan di balik komedi konyolnya, dan saya pikir lumayan dalam.

Tetapi harus saya tuliskan, bahwa komedinya memang ‘Inggris banget’. Bagi yang tidak familiar dengan kultur dan ‘cara bicara’ orang Inggris, kemungkinan besar komedinya akan ‘lewat’ dan malah bikin bingung karena sebagian besar tidak visual. Saya sendiri bukan orang Inggris (tentu saja, duh!) dan belum pernah ke sana, tetapi saya sudah lumayan cukup banyak menonton film-film mereka (paling tidak yang bisa memberikan gambaran kondisi kultur Inggris kontemporer), sehingga kurang lebih dapat menikmati film ini.

Jadi meski saya pribadi sangat menyukai film ini, tetap tidak direkomendasikan untuk ‘kita’ (orang Indonesia). Tentu saja film ini tidak bermaksud jadi eksklusif, hanya target penontonnya agak spesifik. Sebagai perbandingan, beberapa hal kultural di film Sang Penari (2011) tentu tidak akan bisa dimengerti sepenuhnya oleh orang Inggris, kecuali mungkin oleh Gareth Evans atau yang sudah familiar dengan beberapa budaya kita.

8.5/10

Four Lions: rekomendasi bagi para cinephiles (13+)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: