ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

The Ides of March

The Ides of March (2011)
sut: George Clooney
pen: ###
A.S.

Kita semua telah merasa bahwa dunia politik itu adalah dunia yang kotor, dimana tidak ada yang benar-benar suci, manipulasi dan itikad tidak baik beredar di mana-mana, kelicikan, kemunafikan, dan segala kekotoran hati berkumpul. Film ini memainkan aspek tersebut, tidak dengan berapi-api–yang menurut saya adalah hal yang bagus.

Film ini memperlihatkan dunia politik dalam backdrop balapan kampanye dua calon presiden. (Film ini condong hanya pada satu calon, tapi backdrop-nya tetap dua). Film ini memberikan intrik-intrik kisahnya dengan sangat down-to-earth tanpa membesar-besarkan, mempresentasikannya dengan ‘dingin’ dan ‘lurus’. Sangat rasional dan realistis, tapi bukannya tanpa emosi sama sekali.

Sangat direkomendasikan bagi yang suka film-film ‘dingin’, prosedural, ‘lurus’ seperti Zodiac (2007), All The President’s Men (1976), JFK (1991), Recount (2008) (ftv), dan yang semacamnya.

Yang tertarik pada bidang sastra, setelah mendengar frase ‘The Ides of March’ pasti akan kepikiran kisah pembunuhan terhadap Julius Caesar. Anda tidak akan melihatnya dalam film ini, namun menurut saya itulah titik puncak dari film ini. Tontonlah untuk mengambil kesimpulan sendiri.

8/10

The Ides of March: rekomendasi bagi para cinephiles (17+)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: