ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

Batman: Year One

Batman: Year One (2011)
sut: Sam Liu | Lauren Montgomery
pen: Tab Murphy
A.S.

Seperti judulnya, film ini menceritakan tahun pertama hidupnya legenda Batman, bahkan sampai memberikan keterangan tanggal dan bulannya. Film ini merupakan adaptasi langsung dari komik dengan judul yang sama. Saya belum membaca komik tersebut, jadi tidak tahu apakah detail kemunculan Batman dibeberkan secara utuh, tetapi dalam film animasi berdurasi 60an menit ini, tidak detil.

Kita tidak diberitahu bagaimana Bruce Wayne mendapatkan kostumnya, gadget2nya, apakah ia telah punya bat-cave, dan segala macam detil-detil logistik dan administratif lainnya. Ia tiba-tiba saja sudah jadi Batman. Tapi mungkin semua itu dinilai tidak perlu untuk dijabarkan secara detil, karena film ini sangat berfokus hanya pada kisah awal Batman, dan lebih bersandar kepada sudut pandang Kapten Gordon.

Dan bila melihat judulnya kembali (yang sangat keren menurut saya), film ini memang tidak bermaksud untuk menjadi cerita origin, tapi tahun pertama. Untuk versi cerita origin Batman yang terbaik, tetap masih Batman Begins (2005). Komik yang mendasari film animasi ini sempat direncanakan untuk diadaptasi jadi live-action, dengan sutradara Darren Aronofsky, tapi dibatalkan untuk membuat versi Nolan, yang memang merupakan kisah yang lebih kompleks dan dalam. Namun sebagai sebuah film animasi, kisah Year One ini tetap sangat direkomendasikan kepada setiap penggemar maupun orang-orang yang tertarik pada karakter Batman.

7/10

Batman: Year One: rekomendasi bagi para cinephiles (13+)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: