ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

X-Men: First Class

X-Men: First Class (2011)
sut: Matthew Vaughn
pen: ######
A.S.

Film ini, tidak seperti ekspektasi saya dari buzz yang beredar, ternyata tidak lebih baik dari X-Men 2. Jangan salah sangka, film ini adalah film yang bagus. Hanya saja caranya dalam menjalin cerita, dengan plot dan premis yang cerdas, tidak lebih baik dari cara X2 menjalin ceritanya.

Sulit untuk tidak membandingkan film ini dengan film-film pendahulunya di franchise ini, apalagi film ini secara sadar berusaha untuk tetap berada di jalur yang sama dengan dua film pertamanya.

2 paragraf di bawah ini mengandung spoiler:

Beberapa hal yang agak saya sayangkan karena kurang maksimal dalam film ini misalnya hubungan antara Charles dan Erik. Menit-menit awal film dipergunakan untuk mengintroduksi kedua karakter ini, dengan pindah-pindah ruang dan waktu untuk mengestablish “kehidupan” mereka sebelum bertemu, namun saat mereka akhirnya bertemu terasa kurang dramatis, dan kemudian persahabatan mereka terjalin begitu saja? Tak ada peristiwa dramatis yang dapat digunakan untuk menggarisbawahi kecocokan dan ketidakcocokan karakter mereka? Karena adegan pertemuan mereka (waktu pengejaran Shaw) di film berlalu begitu saja, dan tiba-tiba Erik telah “ikut” begitu saja.

Dan yang lain lagi adalah hubungan Erik dan Raven (Mystique). Apa-apaan? Ketertarikan Erik terhadap Raven hampir tidak “tampak” sama sekali, begitu juga sebaliknya, sehingga saat mereka berdua memilih saling berpihak, terasa terlalu dipaksakan. Dan kebimbangan Raven dalam memilih Hank atau Erik juga sangat tipis padahal hal ini merupakan poin penting yang ingin ditekankan ke penonton. Dan Raven ikut Magneto karena diikhlaskan oleh Charles? Apa-apaan?

Pada akhirnya, film ini dapat berdiri sendiri dengan mantap di atas kedua kakinya sendiri, dan membuka peluang baru bagi STUDIO untuk terus menelurkan film-film berikutnya dalam franchise ini yang mengeksplorasi konflik-konflik awal X-Men dengan grupnya Magneto. Direkomendasikan bagi penggemar film-film X-Men dan superhero secara umum.

7/10

X-Men First Class: rekomendasi bagi penikmat film aksi superhero (13+)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: