ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

Madame X

Madame X (2010)
sut: Lucky Kuswandi
pen: Lucky Kuswandi
Indonesia

Waw, film tentang bencong yang rada sureal dan kocak ini cukup menghibur. Idenya saja, yaitu tentang superhero bencong salon, sudah menggelikan. Begitu juga cukup banyaknya konteks kata bencong dan banci yang diutarakan dalam film ini, sangat menggelikan. Penampilan para aktor di atas truk waktu adegan penculikan bencong-bencong juga membuat terpingkal-pingkal.

Sayang production value film ini agak kurang. Kelihatan sekali film ini dishot dengan murah dan cepat, meski banyak ‘crane’ (?) shotnya. Dan hal yang menyumbang sangat besar dalam kurangnya production value ini adalah sinematografi yang bisa dibilang kurang dan mudah, terutama shot-shot exteriornya. Tapi hal-hal ini mungkin dapat disalahkan kepada kurangnya budget, bukan orang-orang kreatifnya.

Konsep dan idenya sangat menarik, dan editingnya mengagumkan. Akting-akting yang terdapat di dalamnya juga lumayan ‘serius’ untuk film yang tidak menganggap dirinya serius. Sindiran sosialnya juga cukup terang-terangan, yang meski stance filmmakernya cukup jelas sehingga menimbulkan sedikit rasa tidak nyaman, hal ini tidak terlalu mengganggu kenyamanan nonton secara keseluruhan.

Pada intinya, dengan segala kekurangan teknis dan estetiknya, menurut saya film ini adalah salah satu film berkualitas kita.

7/10

Madame X: rekomendasi bagi para cinephiles (13+)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: