ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

The Iron Lady

The Iron Lady (2011)
sut: Phyllida Lloyd
pen: Abi Morgan
Inggris Raya

Menarik, mudah dinikmati, dan keputusan atas bentuk naratifnya membuatnya cukup menghibur dan informatif untuk penonton yang tidak mengenal Margaret Thatcher (termasuk saya) sama sekali.

Film ini mendapatkan mixed reviews karena banyak kritik yang menyayangkan hasil eksekusi film ini yang melewatkan banyak kejadian bersejarah hanya dengan montase atau berlalu begitu saja. Kalau menurut saya, film ini baik-baik saja. Mungkin karena saya tidak tahu sejarah. Dan mungkin karena ketidaktahuan itu pula saya lalu tidak membawa ekspektasi apa-apa, dan tidak menunggu bagaimana para filmmakernya akan mengeksekusi momen sejarah yang akan datang berikutnya di setiap momen sejarah yang baru terjadi di layar, entah hal ini kerugian atau keuntungan.

Dari pengamatan saya, film ini lebih kepada eksplorasi/eksploitasi karakter Margaret Thatcher. Meski begitu saya menganggapnya sangat tidak etis untuk menyuapi penonton pendapat mereka (para filmmakernya) mengenai apa yang ada di dalam kepala Margaret Thatcher seolah-olah karakternya itu merupakan fiksi mereka dan bukan manusia nyata yang tidak mungkin bisa mereka ketahui secara benar apa yang ada dipikirannya dan membawa pendapat mereka itu ke dalam film ini. Tapi pada akhirnya film ini tidak bermaksud mendiskreditkan secara tidak adil dan penampilan Meryl Streep sebagai sang perdana menteri menjadikannya film yang cukup menghibur sekaligus informatif untuk dapat direkomendasikan.

7/10

The Iron Lady: rekomendasi bagi para cinephiles (13+)

Iklan

One response to “The Iron Lady

  1. Budi Cahyono 2012/02/01 pukul 10:07 am

    Katanya sih memang gitu, si sutradara begitu abai tentang kisah Margareth yang pernah memberangus serikat buruh dan perang fakland itu, ah tapi masih kecil saat Margareth turun dari tahtanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: