ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

Xia Aimei

Xia Aimei (2012)
sut: Alyandra
pen: Alyandra | Tohaesa | Sally Anom
Indonesia

Setelah menonton saya merasa perlu minta maaf kepada dua orang yang saya ajak nonton film ini. Segitunya lho! Niat datang nonton biar bisa xixi, malah dapat cerita yang bikin kita menghela nafas berkali-kali, mengernyit di adegan komedinya, menepuk dahi di setiap turning point-nya, dan sebagainya, yang menggambarkan pengalaman sinema yang tidak nyaman.

Loser story, dimana tidak ada pelajaran moralnya, dan tidak ada nilai hiburannya. Salah satu teman yang nonton bersama saya bahkan keluar di tengah durasi untuk internetan saking betenya. Saya juga pengen keluar, tapi sayang harga tiketnya.

BERIKUT INI MUNGKIN MENGANDUNG SPOILER!

Sebelumya, ini sinopsisnya di FilmIndonesia.or.id (klik)

Sebenarnya kalau mau logis, ceritanya bisa berkembang ke arah yang menarik saat si Xia Aimei pertama kali berhasil kabur. Misalnya ia bisa saja langsung dibawa ke polisi oleh karakternya Samuel Rizal untuk melaporkan situasinya, dan mungkin bersama polisi bisa membongkar kasus human trafficking ini dan dengan begitu mencegah lebih banyak lagi gadis lain bernasib sama dengan si Xia Aimei. Tapi tidak, film ini berbelok ke jalur yang menukik.

Xia Aimei malah masuk lagi ke rumah bordilnya, mencuri passport yang disimpan di brankas (yang kemungkinan berhasilnya setipis rambut), lalu kabur lagi (!) untuk kedua kalinya, rencananya setelah itu baru dipulangkan ke Cina.

Mereka tidak berpikir untuk menghancurkan sindikat trafficking ini, yang tidak perlu repot, hanya dengan membawa Xia Aimei yang merupakan bukti/korban, dan dengan begitu dapat menyelamatkan banyak gadis-gadis tidak beruntung seperti Xia Aimei di masa depan. Mereka tidak melakukan itu. Tahu apa yang mereka lakukan? Kencan!

Sejujurnya, memang film ini tidak separah seperti yang saya implikasikan di atas. Tapi ada satu resensi yang menyampaikan perasaan saya hanya dalam satu kalimat:

Niat Baik Saja Tidak Cukup
Apabila detail-detail sepele dalam film saja tidak tergarap dengan baik, bagaimana bisa penonton mempercayai hal-hal lebih besar yang ditawarkan Xia Aimei?

4/10

Xia Aimei: jangan menilai film dari posternya (13+)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: