ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

The Dark Knight

The Dark Knight (2008)
sut: Christopher Nolan
pen: Jonathan Nolan | Christopher Nolan |  (story by C. Nolan & David S. Goyer)
A.S.

Setelah melalui minggu pertama 2012 yang super sibuk sampai bahkan tidak bisa nonton satu film pun, akhirnya bisa menyempatkan waktu lagi. Untuk melepas dahaga sinema, saya memilih film aksi luar biasa yang berapa kali pun saya menonton film ini, selalu menghibur dan tidak pernah membosankan. TDK memang tidak sempurna, tetapi bagi saya film ini adalah film superhero terbaik sepanjang masa (mungkin akan digantikan oleh The Dark Knight Rises).

Editing di film ini amat sangat brilian. Tetapi untuk mempercepat pacing film (atau mungkin mengejar durasi), editornya bahkan memotong di tengah-tengah dialog karakter sampai mengorbankan kontinuiti di beberapa scene. Mungkin hal ini suatu “kesalahan”, tetapi dengan sangat rapi departemen suara berhasil “mengaburkan” flaws visual dengan editing suara. Atau mungkin memang hal ini yang ingin mereka capai.

Sinematografi TDK juga ikut membantu keasyikan menontonnya. Sebagian besar scenes kunci di film ini adalah di malam hari. Kadang seorang d.o.p. ingin terlalu “artistik” untuk scene malam dan malah membuatnya “terlalu gelap” (mencoba memfokuskan penonton pada karakter atau obyek tertentu dengan menggelapkan lingkungan sekitarnya tetapi malah mengalihkan perhatian karena penonton jadi penasaran ingin to mapped out (mendapatkan gambaran jelas dari) setting scene tersebut (saya tidak mengatakan hal tersebut jelek, teringat Fight Club (1999))). Tetapi di film ini, dan lebih condong karena pace cerita, decoupage, dan pace editingnya, hal yang dapat mengurangi keasyikan nonton tersebut tidak terjadi.

Score musiknya, luar biasa. Sangat mendukung visual, tetapi juga tetap dapat dinikmati secara terpisah dan menggetarkan hati. Mampu memperkaya pesan yang disampaikan oleh gambar, dan digunakan dengan sangat efektif sepanjang durasi film.

Lalu soal ceritanya sendiri. Jalan cerita TDK lumayan kompleks; tapi juga tidak kompleks-kompleks amat. Namun dengan apa adanya film ini tetap mudah dimengerti. Dari segi cerita film ini memiliki ciri khas yang sama dengan film-film aksi greats yang lain. Jalan cerita yang bagus, dengan alur yang baik, karakter-karakter yang punya arc masing-masing namun masih saling berhubungan, didukung beberapa subplot yang menarik, tetapi yang paling penting dieksekusi dengan cemerlang. Dan the Joker.

Christopher Nolan adalah seorang sutradara yang sangat hebat dan kompeten. Tetapi saya lebih mengaguminya sebagai penulis jenius. *tidak sabar menunggu bulan Juli*

9/10

The Dark Knight: rekomendasi dengan pujian yang tinggi (13+)

Iklan

2 responses to “The Dark Knight

  1. komunitas357 2012/01/12 pukul 3:36 pm

    sumpah emg keren nie film
    tapi dibalik kesuksesan film ini. ada berita duka dari pemeran tokoh Joker yang meninggal di sebuah kamar hotel karena OD. RIP sobat.
    kau selalu di kengan dengan peran JOKER.

    • Cineleone 2012/01/12 pukul 4:59 pm

      The Joker emang kasus langka, dimana aktor bener2 menghilang ke balik karakter.
      Nolan respek ama Heath Ledger, jadi enggak masukin lagi karakter joker ke film ketiganya, biar gak ada aktor lain yg peranin jokernya Heath.

      Moga2 TDKR bisa sama bagusnya ma TDK.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: