ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

Melancholia

Melancholia (2011)
sut: Lars Von Trier
pen: Lars Von Trier
Denmark | Swedia | Prancis | Jerman

Sekitar lima menit awal film ini, kita disuguhi gambar-gambar intro dengan sinematografi luar biasa dan slow motion ekstrim serta musik klasik yang menggetarkan hati. Sekuens tersebut lumayan membingungkan, dan merupakan konsep yang menarik untuk diterapkan ke video musik, sehingga akan membuat anda penasaran akan maksud keberadaannya. Tetapi sekuens awal tersebut akan menjadi jelas nantinya.

Banyak film yang menggunakan teknik handheld dan discontinuity editing, yang tidak terlalu mengganggu dan masih bisa dinikmati. Dan teknik itu sendiri tentu bukan kejutan bila terdapat di film seorang Lars Von Trier yang bekas anggota Dogme. Tetapi bila shaky kameranya sengaja di-lebay-kan melampaui apa yang dibutuhkan scene, penonton jadi menderita sakit kepala (apalagi bila ditonton di layar lebar) dan jadi pengen nonjok seseorang. Untungnya, cerita skenario dan akting yang terdapat di film ini sangat bagus membuat ketergangguan yang diakibatkan gerakan kamera bisa terlupakan dan tidak terasa di keseluruhan durasi.

Ceritanya sendiri sangat menarik. Film ini terbagi dua bagian, masing-masingnya untuk dua bersaudari. Yang satu menderita penyakit melancholia (depresi) dan memandang kehidupan dengan pesimis, dan yang satunya memandang kehidupan dengan optimis. Kita diperlihatkan bagaimana cara mereka memandang kehidupan, di masa dimana terdapat kemungkinan kehidupan di bumi akan berakhir.

Akting Kirsten Dunst sangatlah baik jauh dari film-film ‘remaja’-nya, dan ia menang aktris terbaik di Cannes 2011. Tetapi saya lebih ‘kena’ oleh akting Charlotte Gainsbourg yang mengagumkan dan penuh emosi. Karakter Kiefer Sutherland juga menarik dan diperankan dengan sangat baik.

Lalu scene terakhirnya, ini bukan spoiler karena Von Trier telah memberitahukannya di awal film, menunjukkan adegan apokaliptik yang paling ‘menaikkan-bulu-kuduk’ yang pernah saya lihat dalam film. Sangat direkomendasikan. Naikkan volume suaranya.

9/10

Melancholia: Rekomendasi bagi para cinephiles (17+)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: