ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

Drive

Drive (2011)
sut: Nicolas Winding Refn
pen: Hossein Amini | James Sallis (book)
A.S.

Film ini cukup populer, dan mendapatkan banyak pujian dari berbagai kalangan, dan terutama membawakan penghargaan Best Director festival Cannes 2011 untuk sutradara Nicolas Winding Refn.

Film ini memang Eropa banget dalam style-nya, 99% berkat sensibilitas sutradaranya. Saya bisa melihat mengapa film ini bisa disukai banyak orang, dan kurang lebih sebagian besar karena akting, tempo cerita, dan penyutradaraan (temasuk pemilihan musik).

Namun saya tidak akan membohongi perasaan saya sendiri dan lalu mengikuti arus. Dari penilaian subyektif saya pribadi, atau lebih tepatnya keasyikan saya menontonnya, ada sedikit rasa kecewa. Dan ini mungkin karena ekspektasi saya yang terlalu tinggi.

Dari buzz yang sangat positif di Cannes, lalu sutradaranya mendapatkan Best Director, lalu banyak kritik film yang menyatakan film ini calon film terbaik untuk tahun 2011, dan sebagainya. Setelah menonton film ini rasanya tidak sebegitu amat.

Apalagi dengan akting yang kurang sregg dari Ryan Gosling. Dari beberapa filmnya yang sudah saya tonton, ia adalah aktor berbakat terutama di Blue Valentine (2010). Tapi di film ini, rasanya tidak cocok sekali. Ia tidak memberikan kesan “gelap”, misterius, maupun serba “memperhitungkan” yang seharusnya terpancar dari karakter Driver. Tapi saya menyadari, ini bukan fakta, dan hanya opini pribadi saya sendiri.

Secara keseluruhan, film ini memang film yang sangat bagus dan enak untuk dinikmati, dan direkomendasikan bagi para cinephiles, terutama yang tertarik untuk lebih mengenal luasnya lingkup sensibilitas sutradara Nicolas Winding Refn.

7.5/10

Drive: rekomendasi bagi para cinephiles (17+)

2 responses to “Drive

  1. Witra 2011/12/14 pukul 4:03 pm

    Saya setuju dengan faktor sensibilitas sutradara apalagi nama Nicolas Winding Refn belum banyak dikenal sehingga karya-karyanya belum bisa diperbandingkan.

    IMO, karakter Driver memang bisa jadi diinterpretasikan secara berbeda-beda oleh aktor terpilih dengan hasil yang mari asumsikan bagus. Namun Gosling sendiri kerapkali disebut-sebut Robert De Niro masa depan dan ia pilihan yang baik untuk bermain disini.

    Mari kita tunggu Drive 2!

    • Cineleone 2011/12/14 pukul 5:01 pm

      Ini mungkin hanya soal perbedaan cara pandang kita ke karakter Driver.

      Dan toh, Refn ngajak Gosling kerja sama lagi di filmnya yg berikutnya, Only God Forgives (2012)
      jadi, sepertinya Refn puas dengan hasil kerja Gosling.

      Ulasan di atas cuma opini gua yg bukan siapa-siapa ini, hehe.

Tinggalkan Balasan

