ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

Play Time

Play Time (1967)
sut: Jacques Tati
pen: ###
Perancis

Pertama-tama, harus saya katakan dulu bahwa saya tidak menonton film ini hingga selesai, hanya sekitar 100 menit (dari durasi Perancis:155 min atau 2002 restored version: 124 min (enggak tau nonton versi yang mana)). Saya terpaksa keluar sebelum filmnya selesai, karena markir motor sembarangan dan malam sudah mulai larut. Takut ada yang ngambil.

Dan sekarang ngomongin filmnya. Dari 100 menit yang saya tonton, saya bisa dengan positif mengatakan bahwa film ini merupakan masterpiece. Tapi itu hanya opini pribadi saya sendiri.

Film ini sangat imajinatif, visual, dan jenius. Asli jenius. Mise en scène, staging, blocking, komposisi dan framing shot, atau apalah, semuanya tidak pernah membuat saya berhenti untuk kagum sama sekali sepanjang durasinya.

Tapi kemudian, saya juga menyadari, bahwa film ini film yang tidak bisa dinikmati siapa saja. Termasuk di kalangan cinephiles pun mungkin tidak semua akan menyukai film ini. Karena film ini merupakan film yang “aneh” dan seperti tidak memiliki plot yang menjalin keseluruhan scene-nya menjadi satu kesatuan. “Plot” sih ada, tapi bukan plot yang PLOT. Film ini bisa tampak seperti rangkaian ide-ide yang tidak nyambung atau koheren satu dan yang lainnya.

Maka dari itu, saya merekemondasikan film ini, bila kebetulan “bertemu” dengan anda saja (misalnya dipinjami teman atau diputar di bioskop arthouse atau di komunitas film). Tidak perlu mengeluarkan uang dan waktu dan tenaga yang besar, karena mungkin saja malah bukan selera anda.

9.5/10

Play Time: rekomendasi bagi para cinephiles (BO)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: