ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

Lomba Film Pendek Online Forum Movies KASKUS

Baru saja menonton 3 film pemenang lomba film pendek online forum movies Kaskus:

Vetus (*)
sut: Muhammad Sauki Basya
pen: ####
Indonesia

Sebagian besar durasinya digunakan sebagai set-up pukulan telak pesan yang ingin disampaikannya. Benar-benar telak. Bentuk penceritaan yang dipilih untuk menyampaikan pesannya merupakan kekuatan terbesar film pendek ini.

Selain itu, penampilan karakter utama yang diperankan oleh Jean Marais pun sangat mengena. Selamat buat om Jean.

Sebuah film yang sangat solid. Sayang, video youtube-nya berpixel ria (yang ini enggak).

8/10

Vetus: Juara I (BO)

Patung Berjiwa (2011)
sut: Agung Bayu Pramana
pen: Kristo Parinters Makur
Indonesia

Film ini sedikit melodramatis dan beraliran romantisme. Cerita, ide, dan pesannya biasa saja (tapi bagus, kok). Yang membuat film ini menjadi film yang bagus sebenarnya adalah eksekusinya. Film ini berhasil menyampaikan kisahnya hanya dengan bahasa visual tok. Voice-over di ending film hanya sebagai pemanis, dengan isi film yang sudah cukup bergizi. Film ini memiliki nilai tonton-ulang yang tinggi.

9/10

Patung Berjiwa: Juara II (BO)

Aku Ingin Merdeka (2011)
sut: Bonar Tanudjaja
pen: Joe Handoko
Indonesia

Baru satu menit film ini berjalan sudah membuat bosan. Saya tahu bahwa eksposisi di awal-awal tersebut punya tujuan, hanya saja ditulis dan, diperankan, dengan, yah, kurang.

Selain itu film ini juga melanggar garis imajiner berkali-kali (berkali-kali!), sehingga saya yakin bahwa para filmmakernya bahkan tidak sadar mereka sedang melakukan kesalahan.

Secara keseluruhan film ini memang lumayan enak ditonton, dan memiliki alur naratif yang menarik. Namun dari 36 film yang disubmit, sulit dipercaya film ini berhasil menjadi juara 3. Saya cuma nonton yang 3 juaranya saja (lagi sibuk ^^), tetapi sulit dipercaya tidak ada lagi yang lebih menggugah, atau paling tidak dibuat dengan lebih kompeten. No offense buat filmmakers Aku Ingin Merdeka.

6/10

Aku Ingin Merdeka: Juara III (BO)

UPDATE (15/11):

Koin The Movie (*)
sut: Didiet Triquetra
pen: Didiet Triquetra
Indonesia

Lupakan kekurangan teknis-nya, film ini film yang luar biasa! Film ini kaya imajinasi, memiliki banyak sekali ide-ide brilian, dan dirangkum dengan kreatif. Saya baca-baca sedikit di blog filmnya, katanya mereka terpaksa memotong banyak konflik untuk mengurangi durasi dan halangan lain-lain lagi. Saya tahu, bahwa tidak selalu imajinasi tanpa kekangan dari seorang sutradara itu bagus, tetapi setelah menonton filmnya saya jadi penasaran ingin melihat versi tanpa komprominya. Film ini sebenarnya bisa menjadi yang juara 3, tapi enggak ada tema kepahlawanannya. All in all, favorit saya dari beberapa (enggak semua) yang sudah saya tonton.

9/10

Koin The Movie: favorit pribadi (BO)

Tinggalkan Balasan

