ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

The Journals of Knud Rasmussen

The Journals of Knud Rasmussen (2006)
sut: Norman Cohn | Zacharias Kunuk
pen: #######
Kanada | Denmark | Greenland

Berdasarkan jurnal-jurnal yang ditulis oleh Knud Rasmussen, seorang penulis etnografi (cabang antropologi) yang mempelajari budaya Inuit. Di film ini kita diperlihatkan proses seorang shaman hebat Inuit dan putrinya yang cantik nan keras kepala dalam memutuskan untuk mengakhiri ‘ke-shaman-nan’ mereka.

Jujur, film ini sangat slow (tapi bukan dalam tempo atau pace filmnya), dan saya yakin akan membawa kebosanan kepada hampir semua orang. Film ini sepertinya dibuat dengan sangat dekat dengan sumbernya (jurnal-jurnal), sehingga bila anda mengatakan bahwa film ini merupakan film dokumenter, pasti ada yang percaya. Itulah maksud saya film ini sangat slow, karena hampir realistis seperti dokumentasi. Tetapi bila dipikirkan lebih lanjut, di situlah kekuatan terbesarnya! Film fiksi ini bisa dianggap dokumenter. Hal ini mengatakan banyak hal mengenai semua performance para aktornya, dan cara para filmmakernya menyusun gambar.

Bila anda menyempatkan waktu untuk melihat filmografi kedua sutradaranya, anda akan melihat bahwa mereka juga yang membuat film Atanarjuat (2001). Tetapi sekali lagi, mengingat film ini sangat slow, hanya direkomendasikan bagi cinephiles maupun orang-orang yang tertarik untuk tahu lebih banyak mengenai budaya Inuit.

7/10

The Journals of Knud Rasmussen: Rekomendasi bagi para cinephiles (17+)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: