ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

Ten

Ten (2002)
sut: Abbas Kiarostami
pen: Abbas Kiarostami
Iran

Waw. Para cinephiles harus bersyukur ada seorang filmmaker yang membuat film-film seni berkualitas dan sekaligus memberikan sebuah variasi rasa terhadap dunia sinema, memperkaya dunia kita. Namanya adalah Abbas Kiarostami.

Film ini menceritakan percakapan seorang wanita di atas mobil, dalam sepuluh “moment”. Seluruhnya, setiap kali, hanya terdapat dua orang, di atas mobil, bicara. Dan bicara. Dan gestur-gestur. Dua shot cut-to-cut antar pengemudi dan penumpang. Dan terus bicara.

Tapi jangan salah sangka dulu. Memang konsepnya kedengaran “sok”, seperti seorang sutradara “sok seniman-yang-bikin-pilem-seni”, padahal sama sekali tidak perduli dengan penontonnya. Tidak. Film ini jauh dari hal itu. Film ini sangat dalam dalam studi karakternya, studi kultural menyangkut kehidupan wanita di Iran, dan seperti biasanya, mengandung kehebatan Abbas Kiarostami dalam membaurkan fiksi dan kenyataan.

Sangat direkomendasikan kepada para pecinta sinema seni, pecinta sastra studi karakter, dan anda yang ingin sekedar melihat kultur Iran dari sebuah sudut pandang yang unik.

Seorang sutradara favorit saya pribadi, Michael Haneke, pernah mengatakan, “My favourite film-maker of the decade is Abbas Kiarostami. He achieves a simplicity that’s so difficult to attain.”

9.5/10

Judul: Rekomendasi bagi para cinephiles (BO)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: