ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

Limelight

Limelight (1952)
sut: Charles Chaplin
pen: Charles Chaplin
A.S.

Film yang menarik dari Charlie Chaplin yang memiliki banyak pesan moral dalam memandang nilai kehidupan. Selagi menontonnya saya lupa soal cameo Buster Keaton yang amat saya tunggu-tunggu, sehingga saat ia muncul menjadi terlewatkan dan baru kemudian tersadar, “oh, itu Buster Keaton!”. Apalagi karakternya muncul begitu saja tanpa penekanan dramatis, dan juga karena Keaton yang sudah berumur dan tidak memakai topi “datar”-nya.

Limelight menceritakan tentang seorang balerina yang tidak kuat menahan beban kehidupan dan lalu memutuskan untuk bunuh diri. Ia kemudian diselamatkan oleh seorang komedian tua (Chaplin) yang namanya sudah meredup. Berkat dorongan si komedian, si balerina akhirnya “hidup” kembali dan berhasil sukses. Ia lalu jatuh cinta pada si komedian. Bila ingin tahu kelanjutannya, silahkan tonton sendiri ^^

Saya bisa mengerti apabila film ini dapat menjadi membosankan karena anda tidak dapat beridentifikasi pada kedua protagonisnya maupun karena anda tidak tertarik pada kisahnya. Jadi saya hanya merekomendasikan film ini atas dasar sentimentalitas pada karya-karya Charlie Chaplin, dan sekedar sebuah kisah romantis semata.

7.5/10

Limelight: Rekomendasi bagi para cinephiles (BO)

Tinggalkan komentar