ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

Picnic At Hanging Rock

Picnic At Hanging Rock (1975)
sut: Peter Weir
pen: Joan Lindsay (novel) | Cliff Green
Australia

Sebuah masterpiece. Film yang indah namun menyeramkan. Puitis dan menyimpan misteri.

Di awal film kita diberitahu, beberapa murid yang sedang piknik di Hanging Rock menghilang tanpa jejak. Dan sekarang (hal ini lumayan lama saya pertimbangkan), saya pikir lebih baik saya memberitahu anda, bahwa misterinya tidak terpecahkan. Tidak ada jawaban.

Meski hal tersebut merupakan pendorong utama majunya cerita film ini, sebenarnya film ini lebih kepada efek yang timbul dari peristiwa tersebut. Bagaimana sekolah mereka dengan “keteraturan” yang palsu mereka menjadi rapuh dan hancur sedikit demi sedikit.

Tapi untuk mempertahankan format ulasan singkat, lebih baik saya singkat saja: bila anda tidak suka film yang “terbuka” (open-ended), yah, saya harap anda tetap memberikan film ini kesempatan. Caranya mengulur sesuatu memang membuat gelisah, namun film dengan kekuatan sinematik dan musik yang luar biasa dan menyeramkan ini telah meninggalkan kesan yang dalam di hati saya pribadi, dan tidak akan pernah terlupakan.

10/10

Picnic At Hanging Rock: Rekomendasi dengan pujian yang tinggi (13+)

Tinggalkan Balasan

