ulasansingkat

sekedar ulasan (film) singkat

Uncle Boonmee Who Can Recall His Past Lives

Uncle Boonmee Who Can Recall His Past Lives | Loong Boonmee Raleuk Chat (2010)
sut: Apichatpong Weerasethakul
pen: Apichatpong Weerasethakul
Thailand

Apichatpong Weerasethakul tampaknya membawa sensibilitas film-film “seni” Eropa ke kampung halamannya, dan menggabungkannya dengan kepercayaan umum di Thailand mengenai hal-hal yang “gaib”, dan menghasilkan sebuah film seni berkualitas Eropa namun memiliki sisi surealis hasil penerapan unsur gaib ala Thailand (atau bisa juga ala Asia Tenggara).

Namun meski membawa sensibilitas Eropa ke film ini, Apichatpong Weerasethakul (dikenal dengan nama Joe di Eropa), bagi saya, tampaknya kadang agak terlalu memaksakan hal-hal yang yang tak pelak membuat penonton kasual tidak fokus pada cerita utama dan pada akhirnya membuat bingung. Seperti saya yang memasukkan trivia yang sebenarnya tidak perlu di dalam kurung dalam satu kalimat panjang di atas, saya harap anda mengerti maksud saya ^_^

Sejujurnya saya kurang mengerti 100% kisah film ini apalagi dengan ending yang mengemis interpretasi, tetapi sebagaimana saya terhadap film-film karya sutradara jenius Eropa Michael Haneke, saya tetap sangat menyukai film ini dan merekomendasikannya kepada para pecinta film seni. Dan menarik untuk ditunjuk, Apichatpong Weerasethakul tampaknya mengerti dengan baik peran sound dalam sebuah film, dan memanfaatkannya secara efektif.

9.5/10

Uncle Boonmee Who Can Recall His Past Lives: rekomendasi bagi para cinephile (17+)

Tinggalkan Balasan

